Fungsi LOOKUP (VLOOKUP, HLOOKUP) Dalam Excel

Fungsi ini digunakan untuk menyelesaikan penghitungan yang terdiri dari minimal dua tabel. Tabel pertama merupakan tabel referensi dan tabel kedua merupakan tabel isian.

Pada tulisan kali ini, saya akan membahas dan memberi contoh salah satu dari fungsi lookup itu, yaitu VLOOKUP.

Fungsi ini digunakan untuk melakukan penghitungan yang range datanya disusun secara Vertical, range data bisa di beri nama tertentu untuk memudahkan, kalo menggunakan range biasa maka HARUS DI BERI TANDA “$” (ABSOLUT)

Contoh penggunaan:




data fungsi vlookup

Untuk mencari Gaji pada data isian di atas sesuai dengan tabel referensi di bawahnya,maka  rumus yang digunakan sbb.

Letakkan kursor pada cell D5, tulis
=VLOOKUP(C5,$C$15:$E$19,2)

Keterangan
  • Cell C5 adalah letak data yang tes, yaitu gaji sesuai dengan GOL (yang berada di cell C5)
  • $C$15:$E$19 adalah range data referensi
  • Angka 2, menunjukkan nomor kolom, di ambil dari data referensi, di hitung mulai GOL (nomor kolom 1), GAJI ( nomor kolom 2) sedang PREMI (nomor kolom 3). Jadi kalo menghitung PREMI rumus yang ditulis sama, yang beda hanya nomor kolomnya saja, yaitu 3.
  • =VLOOKUP(C5,$C$15:$E$19,3)
  • Tanda absolut ($) digunakan untuk mengunci data referensi supaya ketika di Fill Handle tidak berubah.
Jika anda ingin menghitung dengan menggunakan function argument, maka yang perlu di isi sebagai berikut:

function argument vlookup

Dari 2 cara penulisan rumus fungsi Vlookup di atas, maka muncul hasil sebagai berikut:

hasil fungsi vlookup

Demikian untuk contoh fungsi Vlookup, Terimakasih

0 Response to "Fungsi LOOKUP (VLOOKUP, HLOOKUP) Dalam Excel"

Posting Komentar