Memanfaatkan Fungsi TEXT Dalam Excel

Salah satu bentuk efisiensi dalam melakukan pekerjaan dengan menggunakan Microsoft Excel adalah ketika terjadi suatu kesalahan dalam pengetikan atau dalam memasukkan data hal itu dapat di rubah atau di ganti tanpa perlu kita tulis ulang.

Microsoft Excel menyediakan fasilitas yang khusus digunakan untuk mengatur perubahan data baik berupa teks maupun data berupa angka/number.

Fungsi TEXT.
Fungsi ini di gunakan untuk mengubah data numerik atau angka menjadi teks. Kadang dalam proses melakukan penghitungan data,  kita memerlukan data yang awalnya berupa angka kemudian ingin di rubah menjadi huruf/teks. Agar tidak terjadi penulisan mulai awal maka gunakan FUNGSI TEXT.
Sintaksnya: =TEXT(value,format_text) atau dengan menggunakan Function Arguments Text di bawah ini.

fungsi argument tex

Lihat contoh penggunaan fungsi Text di bawah ini,

contoh fungsi text

Jawaban rumus pada data di atas adalah
  • Letakkan kursor pada cell D3, kemudian tulis =TEXT(C3,”000000”) atau lihat pada gambar Function Arguments text di atas. Hasilnya nampak pada gambar.
  • Penulisan fungsi rumus hanya pada cell D3 baris pertama saja, untuk baris selanjutnya gunakan Fill Handle untuk melihat hasilnya.
  • Jadi data di kolom C yang tadinya berupa angka sudah menjadi huruf/teks.
  • Karena data sudah menjadi teks, maka ketika anda melakukan penghitungan data harus di tulis diantara tanda kutip (“…”).
Begitulah tutorial dasar cara mengganti data angka menjadi teks dengan fungsi TEXT dalam lembar kerja Microsoft Excel.

0 Response to "Memanfaatkan Fungsi TEXT Dalam Excel"

Posting Komentar